Kumpul Blogger

Sunday, May 13, 2012

ANALISIS ARUS KAS


Tujuan laporan arus kas adalah menyediakan informasi arus kas masuk dan arus kas keluar untuk satu periode.
Relevansi Kas
Kas merupakan aktiva yang paling likuit serta menawarkan likuiditas dan fleksibilitas bagi perusahaan. Analisis arus kas masuk dan arus kas keluar perusahaan membantu kita dalam menilai likuiditas, solvabilitas dan fleksibilitas keuangan. Likuiditas merupakan kedekatan aktiva dan kewajiban pada kas. Solvabilitas atau solvensi merupakan kemampuan untuk membayar kewajiban saat jatuh tempo. Fleksibilitas keuangan adalah kemampuan untuk bereaksi dan menyesuaikan diri terhadap kesempatan dan kesulitan.
Pelaporan Berdasarkan Aktivitas
Laporan arus kas melaporkan penerimaan kas dan pembayaraan kas berdasarkan aktivitas operasi, aktivitas investasi, dan aktivitas pendanaan yang merupakan aktivitas utama dalam bisnis perusahaan.
Aktivitas operasi merupakan aktivitas perusahaan yang terkait dengan laba. Aktivitas investasi merupakan cara untuk memperoleh dan menghentikan aktivitas non kas. Aktivitas ini meliputi aktiva yang diharapkan untuk menghasilkan pendapatan. Aktivitas pendanaan merupakan cara untuk mendistribusikan, menarik dan mendapatkan dana untuk mendukung aktivitas bisnis.
Menyusun Laporan Arus Kas
Terdapat dua metode untuk pelaporan arus kas dari operasi
1.      Metode Tidak Langsung, laba bersih disesuaikan dengan pos penghasilan (beban) non kas dan dengan akrual, untuk menghasilkan arus kas dari operasi. Metode ini sering digunakan dalam menyusun laporan arus kas.
2.      Metode Langsung, metode ini menyesuiakan setiap pos laporan laba rugi untuk akrual terkait.
Mempersiapkan laporan arus Kas
Laporan arus kas merupakan campuran antara laporan laba rugi dan neraca. Titik awal laporan arus kas adalah laba bersih yang mula-mula disesuaikan untuk beban penyusutan dan amortisasi non kas. Penambahan beban penyusutan dan amortisasi tersebut tidak meningkatkan arus kas operasi, melainkan hanya menghapuskan beban yang dikurangkan dalam perhitungan laba bersih.

ANALISIS IMPLIKASI ARUS KAS

Keterbatasan Pelaporan Arus Kas
1.      Pengunaan metode langsung untuk laporan arus kas merupakan pendekatan yang lebih menyeluruh dan lebih bermanfaat dan rekonsiliasi antara laba bersih dengan arus kas bersih dari operasi disajikan dalam sekdul terpisah.
2.      Tidak diharuskannya pengungkapan terpisah untuk arus kas yang terkait dengan pos luar biasa atau operasi dalam penghentian.
3.      Bunga dan deviden yang diterima serta bunga yang dibayarkan dikelompokan sebagai arus kas operasi.
4.      Pajak dikelompokkan sebagai arus kas operasi.
5.      Pemindahan laba atau rugi penyualan aktiva tetap atau investasi sebelum pajak dari aktivitas operasi mendistorsi analis aktivitas operasi dan aktivitas investasi.
 Interpretasi Arus Kas Dan Laba Bersih
Arus kas dari operasi merupakan pandangan yang lebih luas atas aktivitas operasi dibandingkan dengan laba bersih. Arus kas dari operasi meliputi seluruh aktivitas perusahaan yang terkait dengan laba arus kas dari operasi bukan merupakan pengukuran profitabilitas karena tidak mencakup biaya-biaya penting seperti pengunaan ativa tetap dalam aktivitas operasi maupun pendapatan.
ANALISIS ARUS KAS
Karena kondisi perusahaan berbeda satu sama lain, sulit untuk merumuskan analisis arus kas standar. Namun demikian, terdapat beberapa kesamaan. Analisis harus menetapkan sumber dan pengunaan kas masa lalu. Analisis ukuran sama atas pelaporan arus kas membantu penilaian ini.

Kesimpulan Dari Analisis Arus Kas
Kesimpulan analisis arus kas meliputi dimana menajemen meletakan komitmen sumber dayanya, dimana manajemen mengurangi investasi, dari mana kas tambahan dihasilkan, dan di mana klaim atas perusahaan dikurangi. Kesimpulan juga terkait dengan penggunaan laba dan pilihan investasi arus kas.
Kesimpulan dari analisis arus kas meliputi penilaian kualitas laba. Satu faktor dalam kualitas laba adalah dampak perubahan kondisi bisnis pada arus kas. Analisis laporan arus kas menyediakan pandangan tentang sumber yang mungkin atas kebutuhan kas tersebut berikut dampak potensialnya termasuk dilusi laba per saham.
Ukuran Arus Kas Alternatif
Pengguna laporan seringkali menggunakan ukuran kasar arus kas, yang didefinsikan sebagai laba bersih plus beban nonkas utama umumnya penyusutan dan amortisasi, untuk menghapuskan pengaruh beban nonkas tersebut. Ukuran kasar ini tidak tepat untuk beberapa elemen penting arus kas dan bukan pengganti arus kas yang andal. Namun memberikan manfaat yaitu telah disesuaikan untuk pajak.
Perusahaan dan Kondisi Ekonomi
Sebuah neraca menjelaskan aktiva perusahaan pada satu titik waktu tertentu dan sumber pendanaan aktiva-aktiva tersebut. Laporan laba rugi menggambarkan hasil operasi untuk satu periode. Laba meningkatkan aktiva termasuk kas dan aktiva nonkas. Beban merupakan konsumsi atas  aktiva. Dengan demikian laba bersih terkait dengan arus kas melalui penyesuaian pos-pos neraca.
Kondisi inflasi menambah kesulitan keuangan dan tantangan bagi perusahaan. Tantangan utama meliputi penggantian aktiva tetap pada harga yang lebih tinggi dari beban penyusutan, meningkatnya investasi dalam piutang dan persediaan, dan kebijakan dividen yang didasarkan pada laba yang tidak menyediakan biaya sumber daya yang digunakan dalam operasi
Arus Kas Bebas
Turunan analitis laporan arus kas yang bermanfaat adalah perhitungan arus kas bebas. Salah satu ukuran arus kas bebas adalah:
            Arus kas operasi
-          Pengeluaran modal bersih untuk mempertahankan kapasitas produksi
-          Dividen untuk saham preferen dan saham biasa
Arus kas bebas positif mencerminkan jumlah yang tersedia bagi aktivitas bisnis setelah penyisihan untuk pendanaan dan investasi yang diperlukan untuk mempertahankan kapasitas produksi pada tingkat sekarang. Pertumbuhan dan fleksibilitas keuangan bergantung pada ketersediaan arus kas bebas.
Arus Kas Sebagai Validasi
Laporan arus kas digunakan untuk menilai kapasitas ekspansi perusahaan di masa depan, kebutuhan modalnya, dan sumber arus kas masuknya. Laporan arus kas menyediakan petunjuk penting tentang
a.      Kelayakan pendanaan pengeluaran modal
b.      Sumber kas dalam pendanaan ekspansi
c.       Ketergantungan pada pendanaan eksternal
d.      Kebijakan dividen di masa depan
e.      Kemampuan untuk memenuhi persyaratan utang
f.        Praktek keuangan oleh manajemen
g.      Kualitas laba rugi
h.      Fleksibilitas keuangan untuk menghadapi kebutuhan dan kesempatan yang tidak diantisipasi.
Laporan arus kas bermanfaat untuk mengidentifikasi hasil atau perkiraan operasi yang salah atau menyesatkan.
RASIO ARUS KAS KHUSUS
1.      Rasio Kecukupan Arus Kas, Merupakan ukuran kemampuan perusahaan untuk menghasilkan kas dari operasi yang cukup untuk menutup pengeluaran modal, investasi dalam persediaan, dan dividen tunai. Rasio kecukupan arus kas dihitung sebagai berikut.
Jumlah kas dari operasi selama tiga tahun
Jumlah pengeluaran modal, penambahan persediaan, dan dividen tunai selama tiga tahun

2.      Rasio Reinvestasi Kas, merupakan ukuran atas presentase investasi dalam aktiva yang mencerminkan kas operasi yang ditahan dan diinvestasikan kembali dalam perusahaan untuk menganti aktiva dan menumbuhkan operasi. Rasio ini dapat dihitung dengan
Arus kas operasi – Dividen
Aktiva tetap kotor + investasi + aktiva lain + modal kerja

2 comments:

  1. analisa tentang arus kasnya lengkap banget pak, saya juga ada game yang membahas tentang arus kas,

    Jual Game Cashflow 101 & 202 Murah

    ReplyDelete
  2. kita juga punya nih jurnal mengenai kas , silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/986/1/21207491.pdf semoga bermanfaat yaa :)

    ReplyDelete