Kumpul Blogger

Wednesday, March 14, 2012

AKUNTANSI INTERNASIONAL DAN BISNIS INTERNASIONAL

PERKEMBANGAN INTERNASIONAL DARI DISIPLIN AKUNTANSI
Aktivitas international meningkat secara dramatis, seiring ekspor dan impor barang dan jasa secara tradisional sebaik investasi langsung luar negeri. Pasar modal menjadi semakin terbuka dan menjadi lebih transparan dan perdagangan bebas di dunia menjadi lebih cepat. Untuk itulah kita menjadi semakin membutuhkan perangkat yang seragam dari standar akuntansi internasional yang dapat digunakan oleh perusahaan sebagai sarana tukar menukar saham di seluruh dunia.
Secara gamblang, akuntansi adalah fungsi dari lingkungan bisnis dimana ia dioperasikan dan ini berawal dari tawaran untuk mencatat transaksi bisnis. Asal mula dan perjalanan akuntansi mungkin sekuno  sejarah dari pemeliharaan catatan, kami cenderung untuk memikirkan penegakan akuntansi double entry, dasar untuk akuntansi moderen sebagai hal kunci.
Akuntansi double entry dikembangkan di Italia sejak abad ke – 13 di kota Venice. Luca Pacioli orang pertama yang memperkenalkan 3 buku penting dalam pencatatan: buku memorandum, jurnal, dan buku besar. Ia menerbitkan karya penting pertama bagi akuntansi, Summa de Arithmetica, Geometria, Proportioni et Proportionalita, lebih umumnya dikenal sebagai Summa de Arithmetica. Pacioli merasa bahwa semua transaksi memerlukan baik debet dan kredit agar transaksi tetap seimbang.
Revolusi Perancis di akhir 1700-an menandai awal dari sebuah pergolakan sosial besar yang mempengaruhi pemerintah, keuangan, hukum, dan adat istiadat. Italia datang di bawah pengaruh dari Perancis dan kemudian Austria, dan sistem akuntansi pembukuan ganda mereka juga dipengaruhi. Sangat menarik untuk diperhatikan bahwa Napoleon terkejut melihat seberapa efisien sistem akuntansi Italia. Studi mengenai akuntansi dan pengembangan teori akuntansi juga dimulai pada periode ini dan terus berkembang hingga hari ini. Namun, pengaruh dari Arab, Genoa, Florence, dan Venesia terus dirasakan dalam sistem pembukuan ganda yang kita gunakan hari ini. Bahkan Inggris, yang memperoleh pengetahuan mereka mengenai pembukuan ganda akuntansi, segera setelah Summa de Arithmetica milik Pacioli diterbitkan, tidak mengadopsi sistem pembukuan ganda sampai Revolusi Industri periode 1760-1830. Pada saat itu, pentingnya akuntansi tumbuh secara substansial.
Awal tahun 1990-an, kecepatan perubahan dan kompleksitas perkembangan ekonomi industri dunia mengharuskan adanya perubahan dalam akuntansi. Fenomena ini menyisakan hal-hal kompleks, untuk mengatasi menyamakan praktek akuntansi dari bangsa yang berbeda yang masing-masing beroperasi secara multinasional, sebaik hubungan dengan keunikan masalah akuntansi dalam bisnis international.
Sementara skala usaha meningkat mengikuti terobosan teknologi, seperti produksi massal, dan sementara aset tetap mulai semakin penting, maka untuk itu diperlukan cara untuk memperhitungkan depresiasi, alokasi overhead, dan persediaan. Selain itu, bentuk dasar dari organisasi bisnis bergeser dari kepemilikan dan kemitraan menjadi perseroan terbatas dan perusahaan saham dan akhirnya bursa saham perusahaan terdaftar. Akuntansi harus beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan baru. Meningkatnya peraturan pemerintah dalam bisnis membuat tuntutan baru pada perusahaan, yang juga menghasilkan sistem akuntansi yang baru. Yang paling penting adalah peningkatan pajak dari bisnis dan individu, yang memunculkan sistem dan prosedur akuntansi pajak yang baru.

PERBEDAAN ANTAR BANGSA DALAM SISTEM AKUNTANSI
Tredapat pendapat bahwa perkembangan sejarah memiliki efek yang sama pada sistem akuntansi di seluruh dunia, namun hal ini jauh dari kebenaran. Meskipun ada beberapa kesamaan, setidaknya sistem akuntansi ada sebanyak negara-negara yang ada di dunia, dan tidak ada dua sistem yang persis sama. Alasan yang mendasari perbedaan ini adalah lingkungan: sistem akuntansi berkembang dan mencerminkan lingkungan yang mereka tempati, seperti di Genoa, Florence, dan Venice di tahun 1400-an. Realitas dunia adalah bahwa lingkungan tidak berevolusi sama atau secara bersamaan. Negara saat ini berada pada tahap pembangunan ekonomi mulai dari subsisten, barter ekonomi untuk masyarakat industri yang sangat kompleks.
Sementara praktik akuntansi yang berkembang, terdapat, misalnya, perbedaan dalam jumlah kepemilikan pribadi, tingkat industrialisasi, tingkat inflasi, dan tingkat pertumbuhan ekonomi. Mengingat perbedaan-perbedaan dalam kondisi ekonomi, perbedaan dalam praktek akuntansi seharusnya tidak mengejutkan. Sama seperti akuntansi perusahaan kecil berbeda dari perusahaan multinasional, begitu juga kebutuhan akuntansi dari sebuah negara agraria terbelakang berbeda dari negara industri yang sangat maju. Faktor ekonomi bukan hal satu-satunya yang mempengaruhi akuntansi. Pendidikan, sistem hukum, karakteristik sistem politik, dan sosial budaya juga mempengaruhi kebutuhan akuntansi serta arah dan kecepatan perkembangannya.

EVOLUSI DAN SIGNIFIKANSI BISNIS INTERNASIONAL
Bisnis internasional dapat ditelusuri kembali ke beberapa abad sebelum masehi, selama orang bisa mengatakan, alasan dan motif yang sama seperti sekarang: orang ingin sesuatu yang tidak mereka miliki di negara mereka sendiri, dan mereka menemukan seseorang di negara lain yang mampu menyediakan apa yang mereka inginkan. Tetapi perdagangan pada skala besar dan direncanakan belum benar-benar dimulai sampai Yunani mulai mengekspor murah,memproduksi barang secara massal sekitar abad ke-5 SM.
Selama Abad Pertengahan, bisnis internasional berkembang di beberapa daerah dunia. Misalnya, berkembang di Byzantium (sekarang Istanbul) sampai Perang Salib, difasilitasi oleh perkembangan perbankan dan asuransi dan dengan skala besar pameran perdagangan internasional. Namun, perdagangan internasional tidak berjalan seperti yang baik di Eropa sampai jauh kemudian. Perang, wabah, dan umumnya anti kommersial, doktrin agama menghambat perdagangan, baik secara domestik maupun internasional. Hal ini tidak sampai abad ke-12, hingga aktivitas komersial dan perdagangan muncul dari negara berkembang. Dengan kebangkitan mereka, dimulai  hukum dan peraturan mengenai perdagangan. Awalnya dikembangkan oleh serikat pekerja, kemudian oleh negara-negara kota, dan kemudian banyak kemudian oleh negara-bangsa, peraturan internasional komersial terus untuk berkembang sampai hari ini.
Periode Pra-industri
            Seperti Eropa yang bangkit dari Abad Kegelapan, pedagang mencari cara untuk meningkatkan bisnis internasional. Pada saat itu, bagaimanapun, hak untuk perdagangan telah menjadi hak istimewa diberikan oleh negara, sebuah fenomena yang telah bertahan hingga zaman modern. Hak istimewa didasarkan pada apa yang dikenal sebagai merkantilisme, konsep yang dimana setiap negara berusaha untuk menjadi lebih luas dan kuat dalam hal militer, ekonomi, dan politik dibandingkan para rivalnya. Selama periode merkantilisme, negara mengarahkan dan mengendalikan kekuatan di balik kegiatan ekonomi domestik dan internasional.
Periode Industrialisasi
            Revolusi Industri, yang dimulai pada paruh kedua abad kedelapan belas, terus memiliki dampak besar pada bisnis internasional di seluruh abad ke-19 dan ke-20. Revolusi Industri memunculkan teknologi produksi massal dan standarisasi produk dan keperluan investasi modal yang cukup besar pada skala yang tak tertandingi. Munculnya perusahaan skala besar dengan kewajiban terbatas dikombinasikan dengan proyek-proyek infrastruktur berskala besar seperti kereta api, kanal, dan sistem pembangkit listrik sering mengharuskan untuk memperoleh modal dari negara lain-bentuk utama dari bisnis internasional yang terus ada sampai sekarang. Untuk mengeksploitasi produksi skala ekonomi sepenuhnya, mengekspor barang-barang produksi massal menjadi suatu kebutuhan bagi banyak perusahaan yang terletak di negara-negara dengan pasar domestik kecil. Bersamaan dengan itu, industrialisasi sering memerlukan peningkatan impor bahan baku dan barang modal di banyak negara-negara yang tidak memilikinya dalam jumlah atau kualitas yang cukup. Perusahaan multinasional seperti yang dikenal saat ini muncul dalam periode ini, dengan ekspansi awal ke luar negeri oleh perusahaan-perusahaan seperti Singer, Ford, Dunlop, dan Lever Brothers.
Periode Pasca Perang Dunia II
            Depresi Besar dan Perang Dunia II menghambat pertumbuhan bisnis internasional. Alasannya cukup jelas: penurunan drastis atas pendapatan; kebangkrutan individu, perusahaan, dan pemerintah, kemudian perang, penghancuran properti, dan mengganggu stabilitas uang. Sepanjang periode ini, proteksionisme perdagangan dan peraturan arus modal mulai naik, yang, bila dikombinasikan dengan faktor lain, memperlambat pertumbuhan kegiatan bisnis internasional.
Pada akhir Perang Dunia II, terdapat permintaan yang luar biasa untuk produk dan jasa. Dengan beberapa keteraturan dikembalikan ke politik dan sistem moneter internasional, baik perdagangan dan investasi meningkat tajam. akhir tahun 1930 dan awal 1940-an proteksionisme bekerja sama untuk menekankan investasi. Pembentukan Masyarakat Ekonomi Eropa di akhir 1950-an (sekarang Uni Eropa), dengan ekonomi yang kuat dan penghapusan pembatasan perdagangan internal, mengakibatkan pertumbuhan yang signifikan dari manufaktur investasi luar negeri AS. Selama tahun 1970-an dan 1980-an,hal ini telah cukup diperlambat, tapi hal ini diikuti oleh peningkatan signifikan yang sama pada investasi asing di Amerika Serikat. Namun, Uni Eropa yang lebih bersatu menghasilkan kepentingan yang signifikan di Eropa sekali lagi.
Era Multinasional
Perkembangan perusahaan multinasional dan kegiatan mereka yang telah terbentuk mungkin merupakan perkembangan paling signifikan dalam bisnis internasional. Kekayaan dan pengaruh mereka sangat signifikan, dan peran yang mengesankan adalah bahwa mereka sekarang bermain jauh dari seluruh kisah tentang pertumbuhan dalam bisnis internasional. Untuk hampir semua ekonomi dunia, perdagangan internasional dan investasi asing telah meningkat sebagai persentase penting kegiatan ekonomi.
Alasan Kerumitan Internasional
Bisnis internasional mencakup semua transaksi bisnis yang melibatkan dua atau lebih negara. Transaksi ini dapat dilakukan secara eksklusif di sektor swasta, atau mereka juga dapat melibatkan sektor publik. Perusahaan terlibat dalam internasional bisnis untuk berbagai alasan. Alasan utama adalah untuk memperluas penjualan.
            Alasan kedua untuk terlibat dalam bisnis internasional adalah untuk mendapatkan akses bahan baku atau faktor produksi lainnya. Pertambangan dan pertanian perusahaan beroperasi di negara-negara di mana sumber daya alam atau iklim memungkinkan mereka untuk melanjutkan kegiatan merika.
Dorongan ketiga untuk kegiatan internasional adalah untuk mendapatkan akses pengetahuan. Belajar tentang teknologi baru dengan cepat dapat membuat perbedaan besar dalam kemampuan perusahaan untuk bersaing di pasar global. Teknologi baru sedang dikembangkan di seluruh dunia, sehingga perusahaan tidak bisa mengandalkan pada pasar domestik mereka untuk mengikuti perkembangan baru.

BENTUK KETERLIBATAN INTERNASIONAL
Ø  Kegiatan ekspor dan impor barang maupun jasa antar negara.
Ø  Perserikatan strategis, mencakup persetujuan izin, franchise, kontrak manajemen, kontrak adat, dan pembagian kepemilikan bagi perusahaan asing.
Ø  Investasi di luar negeri, dapat berupa Investasi secara langsung maupun secara joint venture (usaha bersama).

Perusahaan Multinasional
Berbagai istilah menggambarkan perusahaan yang terlibat dalam bisnis internasional. Istilah yang paling sering digunakan adalah bisnis multinasional (MNE), yang mengacu pada perusahaan yang memiliki sumber bahan baku, komponen, dan pasar akhir di seluruh dunia. Tidak ada konsensus mengenai berapa banyak perusahaan penjualan, aset, pendapatan, dan karyawan di luar negeri untuk perusahaan yang harus dipertimbangkan untuk sebuah MNE, tetapi jika kurang dari 10 persen dari indikator ini mungkin akan mendiskualifikasi sebuah perusahaan dari kelompok elit MNE. Lebih dari 10 persen menunjukkan bahwa perusahaan yang beroperasi di setidaknya dua negara, dan sebagian besar MNE secara geografis menyebar dengan signifikan. Kurangnya visi global adalah indikator lain bahwa perusahaan belum MNE. Indikator lain keterlibatan multinasional adalah tingkat pengalaman internasional eksekutif kunci. Dalam Bab 12, kita akan membahas bagaimana mengadopsi strategi MNE yang berbeda untuk beroperasi secara internasional, termasuk transnasional, strategi global, dan multidomestiknya. Namun, kita akan terus menggunakan istilah MNE untuk merujuk kepada perusahaan yang beroperasi di berbagai negara, terlepas dari pendekatan strategis khusus yang mereka gunakan untuk menjual produk dan sumber produksi.
Luas Perusahaan Multinasional
            Sulit untuk mengidentifikasi secara tepat MNE terbesar di dunia karena ada definisi yang berbeda. Dua langkah yang paling umum digunakan untuk mengukur adalah nilai pasar dan penjualan. Selain itu, langkah-langkah lain, seperti keuntungan dan laba atas ekuitas pemegang saham, sering digunakan untuk membandingkan perusahaan di seluruh dunia.
Keputusan untuk Menjadi Global
Manajemen secara efektif memperkirakan dua dimensi yang berbeda tetapi saling mempengaruhi, yaitu lingkungan eksternal dan kemampuan internal perusahaan. Batasan lingkungan terdiri dari 4 kategori: pendidikan, sosial-budaya, politik dan peraturan, dan ekonomi. Dan salah satu dimensi yang penting yaitu Negara memiliki keuntungan khusus, seperti sumber daya alam yang melimpah, tenaga kerja yang murah, dll. Keuntungan khusus perusahaan, terutama berkaitan dengan aset tak berwujud perusahaan.

PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP AKUNTANSI
Terdapat beberapa pengaruh utama yang mempengaruhi akuntansi, khususnya di bidang lingkungan, antara lain sebagai berikut :
Ø  Kepemilikan perusahaan, kebutuhan untuk akuntabilitas dan pengungkapan publik akan lebih besar di mana ada kepemilikan saham yang luas dibandingkan dengan kepemilikan keluarga. Kegiatan perusahaan juga akan mempengaruhi sifat sistem akuntansi, tergantung pada apakah bisnis itu adalah pertanian, ekstraktif, atau manufaktur; apakah itu adalah diversifikasi, apakah itu perusahaan multinasional, dan apakah itu merupakan perusahaan besar atau bisnis kecil.
Ø  Aktivitas perusahaan mempengaruhi sifat sistem akuntansi.
Ø  Sumber finansial merupakan pengaruh penting lainnya. Jelas, akan ada lebih banyak tekanan untuk akuntabilitas publik dan pengungkapan informasi ketika keuangan berasal dari pemegang saham eksternal melalui bursa saham ketimbang bank atau keluarga, di mana informasi akan tersedia secara langsung.
Ø  Perpajakan adalah faktor yang sangat penting dalam situasi di mana sistem akuntansi sangat dipengaruhi oleh tujuan negara, yaitu, di negara-negara seperti Prancis dan Jerman, laporan akuntansi umum digunakan sebagai dasar untuk menentukan kewajiban pajak. Di Amerika Serikat dan Inggris, diterbitkan akun yang disesuaikan untuk keperluan pajak dan disampaikan secara terpisah dari laporan kepada pemegang saham.
Ø  Profesi akuntansi yang berkembang yang bergantung pada keberadaan infrastruktur pendidikan dan penelitian akuntansi.
Ø  Sistem politik jelas merupakan pengaruh yang sangat penting pada akuntansi dalam bahwa sifat dari sistem akuntansi akan mencerminkan filsafat politik dan tujuan.
Ø  Situasi sosial, adalah, sikap terhadap informasi dan konsultasi karyawan dan terhadap lingkungan kekhawatiran, juga akan berpengaruh.
Ø  Sifat dan tingkat pertumbuhan ekonomi dan pembangunan juga akan berpengaruh sepanjang sebagai perubahan dari pertanian ke ekonomi manufaktur akan menimbulkan masalah akuntansi baru, seperti depresiasi mesin, leasing, dan sebagainya. Inflasi sering dikaitkan dengan pertumbuhan ekonomi dan pengaruh besar pada akuntansi mana hiperinflasi telah tersebar luas (misalnya, di Amerika Selatan) sejauh bahwa alternatif sistem pendekatan biaya tradisional historis sering digunakan.
Ø  Sistem hukum ini juga penting dalam menentukan sejauh mana perusahaan hukum mengatur regulasi akuntansi.
Ø  pengaruh budaya (nilai yaitu, masyarakat atau nasional) pada akuntansi dan praktik tradisi perlu diperhitungkan.
Ø  Faktor internasional juga membawa perubahan dalam lingkungan yang menciptakan harmonisasi dalam akuntansi internasional dalam kontras dengan pengaruh menghambat operasi di tingkat nasional. Salah satu faktor internasional yang penting adalah pengaruh kolonial.

FAKTOR UTAMA PERTUMBUHAN AKUNTANSI
1.        Korporasi sebagai Badan Hukum
Munculnya perusahaan, pemisahan kepemilikan dan kontrol, dan pengembangan pasar sekuritas telah sangat penting bagi akuntabilitas dan pengungkapan. Ada sedikit keraguan bahwa faktor yang sangat berpengaruh dalam Amerika Serikat, Inggris, dan ekonomi pasar lainnya adalah pengakuan perusahaan sebagai badan hukum dengan kepemilikan publik atas saham dan hukum hak perseroan terbatas.
2.        Manajemen profesional
Pemisahan kepemilikan dan kontrol perusahaan tampaknya telah mengakibatkan munculnya manajemen profesional yang terdiri dari individu yang posisi kekuasaannya dalam perusahaan berasal dari mereka secara administratif dan / atau keterampilan teknis daripada kepemilikan modal korporasi. Pertumbuhan dalam ukuran dan meningkatnya kompleksitas bisnis adalah dasar untuk pertumbuhan pentingnya manajemen. Pada saat yang sama, di banyak negara (misalnya, Italia, Yunani, Swiss) kebanyakan bisnis masih keluarga yang dimiliki dan dibiayai, dan, bahkan di mana mereka terdaftar, kontrol kepemilikan dipegang oleh keluarga.
3.        Pasar Sekuritas
Sejalan dengan pertumbuhan dalam jumlah, ukuran, dan kompleksitas perusahaan adalah permintaan untuk pembiayaan dalam bentuk saham, atau apa yang disebut investasi ekuitas, maupun pinjaman. Hal ini melahirkan perkembangan pasar modal di mana penggalangan pembiayaan dapat difasilitasi. Faktor utama yang mempengaruhi akuntansi adalah munculnya bursa saham atau pasar sekuritas, yang asal-usulnya dalam keinginan pemegang saham untuk perdagangan investasi mereka tanpa melikuidasi perusahaan, dan kebutuhan untuk suatu mekanisme untuk meningkatkan keuangan baru dengan cara yang efisien. Alasan pertama, dipertukarkan saham, menempati sebagian besar waktu pasar dan energi, terutama di negara-negara seperti Amerika Serikat, Inggris Raya, dan Jepang.
4.        Tren Pasar Sekuritas
Telah ada gerakan yang kuat antara pasar sekuritas untuk menarik perusahaan dari luar negeri untuk daftar di bursa mereka. Pada tahun 2004, misalnya, volume perdagangan non-Perusahaan Amerika Serikat yang tercatat di New York Stock Exchange 10,5 persen dari Bursa dari total volume perdagangan. Walaupun itu adalah persentase yang relatif kecil, yang Mayor Pengembangan Faktor 21 volume perdagangan sendiri akan membuat perdagangan di non-AS perusahaan yang terdaftar di pasar terbesar kedua di dunia. Namun, hukum Sarbanes-Oxley baru pada tata kelola perusahaan dan pengendalian internal harus diterapkan untuk listers asing pada setiap AS pertukaran, dan hukum ini membuktikan menjadi penghalang untuk menarik bisnis baru dan bahkan berpegangan pada bisnis yang ada.
5.        Pengguna yang Lebih Luas
Akuntabilitas dan keterbukaan informasi oleh perusahaan telah mengembangkan historis dalam menanggapi mereka dengan investasi keuangan langsung. Dalam beberapa tahun terakhir, bagaimanapun, telah ada pengakuan yang meningkat bahwa karena penyedia layanan keuangan, seperti pemegang saham, bankir, kreditor, dan kreditor, bukan kelompok yang hanya dipengaruhi oleh tindakan korporasi, ada kewajiban untuk melaporkan kepada khalayak yang lebih luas, yang meliputi karyawan, serikat pekerja, konsumen, instansi pemerintah, dan masyarakat umum. Ada berbagai alasan untuk ini keyakinan luas bahwa perusahaan-perusahaan harus secara eksplisit mengungkapkan informasi kepada kelompok lain selain pembiayaan penyedia. Salah satu alasan yang paling signifikan adalah perkembangan dan pertumbuhan pengaruh serikat pekerja dan karyawan di sebagian besar negara maju. Mereka telah berperan dalam menyuarakan pandangan bahwa mereka yang secara signifikan dipengaruhi oleh keputusan yang dibuat oleh lembaga secara umum harus diberi kesempatan untuk mempengaruhi keputusan-keputusan. Selain itu, ada tumbuh perhatian publik tentang dampak perusahaan terhadap eksternalitas (misalnya, pencemaran lingkungan dan pengaruh perusahaan-perusahaan besar pada kebijakan ekonomi dan sosial nasional).

6.        Sebuah Proses Evolusioner
Akuntan publik dan pengungkapan dalam laporan perusahaan telah menjadi spin-off dari evolusi, selama periode yang cukup lama, akuntabilitas dan pengungkapan untuk penyedia keuangan. Dorongan utama telah disediakan oleh pertumbuhan aktif dan berkembang dengan baik pasar sekuritas. Di banyak negara, pasar tersebut tidak baik dikembangkan, dan sementara kedewasaan mereka yang terbatas dalam hal ini tidak mungkin akhirnya mencegah pengungkapan yang lebih luas, akan memerlukan langkah-langkah signifikan berbeda dari yang dialami di banyak negara maju.

PERTANGGUNGJAWABAN DAN PERUSAHAAN MULTINASIONAL
Foreign Direct Investment (FDI) oleh perusahaan multinasional memerlukan manfaat tertentu dan biaya untuk negara tuan rumah. Dalam konteks ini, permintaan untuk pengungkapan yang lebih besar dari Perusahaan multinasonal mungkin dipandang sebagai bagian dari proses tawar-upaya oleh negara-negara tuan rumah, dan berkembang negara pada khususnya, untuk meningkatkan kekuatan tawar mereka. Kenyataan bahwa Perusahaan multinasonal beroperasi di sejumlah negara-bangsa yang berbeda telah memberikan mereka kesempatan untuk mengambil tindakan sesuai dengan kepentingan terbaik mereka yang tidak tersedia bagi orang lain. Ini adalah dasar untuk konflik perspektif antara bahwa pandangan nasional berbagai kelompok-kelompok dalam negara-bangsa dan pandangan multinasional dari Perusahaan multinasonal. Sementara bisnis kegiatan di satu negara adalah untuk Perusahaan multinasonal banyak hanya bagian dari operasi global mereka, ini adalah bagian yang menjadi perhatian utama bagi sebagian besar dari mereka yang terkena dampak dalam negara tuan rumah.

ASPEK AKUNTANSI DARI BISNIS INTERNASIONAL
sebuah perusahaan terbuka terhadap akuntansi internasional biasanya terjadi sebagai akibat dari peluang impor atau ekspor. Dalam kasus ekspor, perusahaan domestik dapat menerima penyelidikan yang tidak diminta atau pesanan pembelian dari pembeli asing. Dengan asumsi perusahaan domestik keinginan untuk melakukan penjualan, perlu untuk menyelidiki asing pembeli, terutama ketika pembeli meminta perpanjangan kredit. Prosedur ini sering tidak semudah seperti yang muncul.

Membentuk Kemampuan Akuntansi Internasional Internal
Sebagai perusahaan menjadi semakin terlibat dalam perdagangan, akuntansi internasional memiliki aktivitas yang meningkat, dan begitu juga biaya menggunakan keahlian luar. Pada titik tertentu menjadi layak bagi perusahaan untuk mengembangkan kemampuan internasional sendiri seperti staf, termasuk akuntan sendiri.
Perkembangan utama berikutnya yang mungkin untuk mengharuskan akuntansi internasional meningkat keterampilan akuntansi adalah penciptaan sebuah organisasi yang terpisah dalam perusahaan untuk menangani perdagangan internasional. Ini mungkin merupakan departemen ekspor. Khusus sistem akuntansi dan prosedur harus ditetapkan dalam kontrol, pelaporan, dan area perpajakan.

BIDANG-BIDANG AKUNTANSI INTERNASIONAL
Studi tentang akuntansi internasional melibatkan dua bidang utama: akuntansi deskriptif / komparatif  dan dimensi akuntansi dari transaksi internasional / perusahaan multinasional.
Area pertama sangat menarik karena merupakan dasar untuk memahami sifat dan penggunaan akuntansi. Namun, itu tidak mungkin untuk belajar  akuntansi untuk setiap negara di dunia dalam kedalaman yang sama bahwa seseorang untuk seseorang negara sendiri. Meskipun beberapa deskripsi yang diperlukan ketika belajar akuntansi dalam negara yang berbeda, isu-isu penting adalah kekuatan dan kondisi yang menciptakan perbedaan internasional. Beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Amerika, Inggris, Jerman, dan Perancis, adalah negara-negara kunci untuk studi karena mereka yang kuat pengaruhnya pada seluruh dunia. Hubungan kolonial dan investasi langsung memerlukan dasar pemahaman tentang negara-negara dan sistem akuntansi mereka. Bahkan meskipun penting untuk memahami perbedaan dan aspek unik dari akuntansi dalam negara yang berbeda, tren adalah menuju konvergensi standar akuntansi dan praktek internasional, terutama bagi perusahaan meningkatkan modal nasional dan pasar modal asing. Dengan demikian, bidang deskriptif / komparatif akuntansi penting karena berhubungan dengan proses konvergensi.
Sebelumnya telah diuraikan tentang masalah yang berkaitan dengan transaksi internasional dan perusahaan multinasional. Jelas, perusahaan-perusahaan yang tidak dianggap perusahaan multinasional yang terlibat dalam transaksi impor / ekspor dan memerlukan perhatian khusus. Namun, perusahaan multinasional memiliki masalah ini dan sekumpulan masalah lainnya, seperti masalah pelaporan keuangan, terjemahan laporan keuangan dari mata uang asing, sistem informasi, anggaran dan evaluasi kinerja, audit, dan pajak merupakan beberapa masalah utama yang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan.

No comments:

Post a Comment