Kumpul Blogger

Tuesday, August 16, 2011

PERMASALAHAN EKONOMI


PENGANTAR

Permasalahan ekonomi atau masalah penghematan diidentifikasikan sebagai pemanfaatan secara efisien sumber daya yang langka (terbatas) untuk memenuhi keinginan masyarakat yang tidak terbatas. Keinginan sudah terbukti tidak terbatas sedangkan sumber daya terbatas jumlahnya. Permasalahan ekonomi dipelajari dengan bantuan kurva kemungkinan produksi yang menunjukkan bahwa diperlukannya sebuah pilihan dan pertumbuhan ekonomi hanya mungkin terjadi jika pemanfaatan dan pengembangan sumber daya dilakukan secara efisien.
KEINGINAN YANG TIDAK TERBATAS
Keinginan individu dapat diperlihatkan terus meningkat dengan mengamati sejumlah barang yang sekarang kita anggap mewah yang setelah beberapa waktu seringkali berubah menjadi kebutuhan.
KEBUTUHAN
Sejumlah barang yang manusia tidak dapat hidup tanpanya dikatakan sebagai kebutuhan. Hal ini mencakup, sebagai contohnya, bahan makanan dasar, tempat perlindungan/tempat tinggal dan keperluannya.
SUMBER DAYA YANG LANGKA
Sumber daya mencakup manusia dan bukan manusia (non-human). Sumber daya manusia yang terutama adalah tenaga kerja. Sumber daya bukan manusia adalah tanah dan modal.Persediaan dari seluruh sumber daya adalah apa yang kita miliki hari ini dan
untuk meningkatkan persediannya di kemudian hari memerlukan pengorbanan.
TENAGA KERJA
Tenaga kerja mencakup semua bentuk pekerjaan. Kerja serupa itu seringkali membutuhkan keterampilan. Keterampilan-keterampilan ditingkatkan dengan akumulasi modal manusia yang terdiri dari pendidikan, pelatihan, kesehatan yang baik dan mobilitas. Kompensasi/pengganti kerugian atau harga untuk tenaga kerja dikenal sebagai upah/gaji.
 TANAH
Tanah adalah pemberian cuma - cuma dari alam. Pemberian itu mencakup sebidang tanah juga segala hal yang dapat di ekstrak daripadanya (mineral, kayu, produk-produk pertanian). Karena hanya segala hal yang ada di bumi yang tersedia untuk manusia, tanah dengan demikian jelas terbatas. Kompensasi/ganti rugi dari penggunaan tanah adalah uang sewa.
MODAL
Modal adalah segala bentuk cara-cara produksi : pabrik-pabrik, mesin-mesin dan perlengkapannya. Modal dapat ditingkatkan hanya dengan menjauhkan sumber daya dari produksi barang-barang konsumsi. Sebagai tambahannya, hal itu seringkali membutuhkan waktu dan uang dalam jumlah yang besar. Kompensasi/ganti rugi dari penggunaan modal adalah bunga.
 BAKAT WIRAUSAHA
Kemampuran enterprener adalah kemampuan seorang pemilik bisnis (atau pengorganisir bisnis) memadukan semua sumber daya yang diperlukan untuk memungkinkan pelaksanaan produksi barang atau jasa. Kompensasi/ganti rugi dari bakat wirausaha adalah profit/keuntungan.
KURVA KEMUNGKINAN PRODUKSI
Kurva kemungkinan produksi menunjukkan kombinasi dua komoditi yang dapat diproduksi oleh suatu negara. Kurva nya berbentuk cekung/melekung ke dalam (seperti yang diperlihatkan oleh sumber) karena adanya hukum peningkatan biaya produksi. Kurva adalah sebuah batas : bagian luar menunjukkan suatu keadaan yang tidak dapat dicapai dengan sumber daya yang tersedia, tetapi bagian dalam adalah menunjukkan suatu keadaan dimana tidak dimanfaatkannya sumber daya yang tersedia atau tidak dimanfaatkannya sumber daya terbaik yang tersedia padanya.
Graph G-MAC2.1

HUKUM PENINGKATAN BIAYA
Jika suatu negara berusaha meningkatkan produksi suatu komoditi, maka negara harus melepaskan komoditi lain yang jumlahnya terus meningkat karena sumber daya tidak sama produktifnya dalam produksi yang berbeda. Karena meningkatnya kemungkinan biaya alternatif maka kurva berbentuk cekung/melengkung ke dalam (seperti diperlihatkan oleh sumber). Hal ini membebankan pilihan yang berat pada setiap masyarakat dalam menentukan kombinasi komoditi terbaik mana yang memenuhi selera dari masyarakatnya.
EFISIENSI
Titik manapun di sebelah dalam kurva kemungkinan produksi menyebabkan sumber daya menjadi menganggur atau setengah menganggur. Salah satu dari tujuan ekonomi seharusnya untuk menghindari situasi seperti itu dan berusaha mencapai potensi maksimum produksi dan konsumsi.
PERTUMBUHAN EKONOMI
Titik-titik di sebelah luar kurva kemungkinan produksi adalah kondisi yang tidak dapat dicapai tanpa pengembangan dari sumber daya-sumber daya yang tersedia. Ini membutuhkan beberapa sumber daya diarahkan untuk produksi (jadi mengorbankan beberapa bahan-bahan konsumsi). Sebagai tambahan, kemajuan teknologi juga seringkali dibutuhkan untuk mengembangkan penggunaan sumber daya-sumber daya yang sudah ada.
Graph G-MAC2.2


Definisi Ilmu Ekonomi:
Ilmu ekonomi adalah suatu studi mengenai individu-individu dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakan sumber-sumber daya yang terbatas tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa dan mendistribusikannya untuk kebutuhan komsumsi, sekarang dan di masa datang, kepada berbagai individu dan golongan masyarakat.(Prof. P. A. Samuelson).

Referensi:
  • Petroff, John. 1986.Economic Problem.New York
  • Damayanti,Audrey.2005.Permasalahan Ekonomi.Jakarta
  • http://www.peoi.org.

No comments:

Post a Comment