Kumpul Blogger

Friday, March 18, 2011

JASA DAN PELAPORAN LAIN


Membahas  perluasan ruang lingkup jasa akuntan publik dalam pengerian:
TINGKAT KEYAKINAN
Secara umum, akuntan publik dapat memberikan empat tingkat keyakinan yang berbeda berkaitan dengan penugasan. Keempat tingkat keyakinan dasar itu dapat diuraikan sebagai berikut:

JENIS-JENIS PENUGASAN
Semua jenis penugasan yang dibahas dalam bab ini diliput oleh standar profesional yang dikembangkan oleh AICPA. Standar profesional ini mempromosikan keseragaman mutu praktik dan mempertinggi pemahaman pemakai atas perbedaan jenis–jenis jasa yang diberikan serta tingkat keyakinan yang berkaitan dengannya. Standar profesional dasar yang diterbitkan oleh Accounting Standards Board yang berkaitan dengan jasa ini adalah sebagai berikut:

Laporan khusus adalah laporan yang dihasilkan dari audit atas, atau penerapan prosedur yang disepakati bersama atas, data keuangan histories selain dari laporan keuangan yang disiapkan sesuai dengan GAAP.

Laporan khusus berdasarkan audit adalah serupa dengan laporan standar auditor yang biasanya memuat paragraf pendahuluan, paragraf ruang lingkup, dan  paragraf pendapat.

DASAR KOMPREHENSIF LAIN DARI AKUNTANSI

UNSUR, AKUN, ATAU POS-POS SPESIFIK DARI LAPORAN KEUANGAN
Data ini dapat mencakup sewa, royalti, rencana bagi-laba, atau ketentuan untuk pajak penghasilan. Suatu laporan khusus dapat dikeluarkan atas data-data ini sebagai hasil dari audit atau penerapan prosedur yang disepakati bersama.


LAPORAN KETAATAN YANG BERKAITAN DENGAN LAPORAN KEUANGAN YANG TELAH DIAUDIT
Perusahaan mungkin diwajibkan oleh perjanjian kontaktual atau lembaga pemerintah untuk menyarankan laporan ketaatan yang dibuat oleh auditor independen.
Keyakinan auditor atas ketaatan dapat diberikan dalam laporan terpisah atau dalam satu atau lebih paragraf penjelasan sesudah paragraf pendapat dari suatu laporan atas laporan keuangan yang telah diaudit. Bahasa laporan harus membatasi distribusi informasi mengenai keyakinan negatif kepada pihak-pihak dalam entitas (seperti dewan komisaris), pihak-pihak yang terlibat dalam perjanjian pinjaman, atau lembaga pemerintah.


LAPORAN KEUANGAN YANG BELUM DIAUDIT DARI SEBUAH ENTITAS PUBLIK.
Association With Financial Statement, menyatakanbahwa seorang akuntan publik akan bersangkutan dengan laporan keuangan apabila dia (1) telah setuju atas penggunaan namanya dalam suatu laporan, dokumen atau komunikasi tertulis yang berisi laporan itu, atau (2) menyatakan pada laporan keuangan klien atau pihak lain bahwa ia telah menyiapkan atau membantu penyiapan sekalipun namanya tidak dicantumkan dalan laporan itu.

Attestation Standards mendefinisikan penugasan atestasi sebagai berikut: penugasan atestasi adalah satu penugasan di mana seorang praktisi (akuntan publik) bertugas untuk menerbitkan komunikasi tertulis yang menyatakan suatu kesimpulan mengenai reliabilitas asersi tertulis yang merupakan tanggung jawab pihak lain.



STANDAR ATESTASI
Standar atestasi seperti halnya GAAS, diklasifikasikan menjadi 3 kategori umum, pekerjaan lapangan, dan pelaporan. Perbandingan standar-standar inidalam setiap kategori mengungkapkan bahwa standar atestasi adalah perluasan alami dari GAAS untuk menampung aturan yang lebih luas dari jasa atestasi.

PENUGASAN YANG DILAKSANAKAN MENURUT STANDAR ATESTASI
Pembahasan berikut ini akan  memusatkan perhatian pada 4 jenis penugasan:

Jenis Informasi Keuangan Prospektif
Ada dua jenis informasi keuangan prospektif adalah sebagai berkut:

LAPORAN STANDAR  ATAS  LAPORAN KEUANGAN PROSPEKTIF
AT 200.31 menetapkan bahwa laporan standar akuntan publik atas pemeriksaan laporan keuangan prospektif harus mencakup:

PENYIMPANGAN DARI LAPORAN STANDAR
Situasi dan pengaruhnya terhadap pendapat akuntan publik adalah:



Kodefikasi statement on standards for accounting and review services dirujuk oleh nomor seksi AR yang berkaitan dengan jasa akuntansi dan review. AR 100.04 mendefinisikan perusahaan nonpublik sebagaisuatu entitas selain dari (1) perusahaan yang sekuritasnya diperdagangkan di pasar umum baik pada bursa saham maupun di pasar over the counter, termasuk sekuritas yang hanya di kutip secara local atau regional, (2) perusahaan yang mendaftar pada lembaga pemerintah dala persiapan untuk melakukan penjualan setiap kelas sekuritasnya di pasar umum, (3) anak perusahaan, perusahaan joint venture, atau entitas lain yang dikendalikan oleh suatu entitas yang tercakup dalam (1) atau (2).

REVIEW ATAS LAPORAN KEUANGAN
Tujuan dari penugasan reviewatas laporan keuangan perusahaan nonpublik adalah melaksanakan Tanya-jawab dan prosedur analitis, yang memberikan akuntan dasar yang memadai guna menyatakan keyakinan yang terbatas bahwa tidak ada modifikasi material yang harus dibuat pada laporan agar sesuai dengan GAAP.

KOMPILASI LAPORAN KEUANGAN
Tujuan dari penugasan kompilasi adalah menyajikan dalam bentuk informasi laporan keuangan yang merupakan representatif manajemen, tanpaharus menyatakansuatu kayakinan atas laporan itu.

No comments:

Post a Comment